latest Post

mutasi masuk antar kota BPKB STNK (cimahi - bandung)

**skip skip proses mutasi keluar cimahi ke bandung




Area cakupan Samsat Bandung Timur, Tengah dan Barat

Jam pelayanan cek fisik bandung timur

setelah menunggu 2 minggu proses mutasi keluar dari cimahi.. akhirnya berkas dibawa ke samsat bandung. proses  nya kurang lebih 1 jam an, untuk ke samsat ini jangan lupa bawa motor yang mau mutasi, balpoint, cemilan (wajib haha). untuk cek fisik nya sendiri walau udah di cek di polres cimahi ternyata di samsat di periksa lagi dari nol. pertama ambil dulu blanko ke loket blanko (kiri) terus masuk antrian cek fisik.





ada 2 petugas cek fisik, cuman beberapa menit. setelah cek fisik isi blanko yang tadi di ambil. untuk mutasi masuk data yang sama ga usah foto copy lagi blanko nya (antrianya panjang -_-). kalau udah di isi kasi ke petugas yang jaga di bagian cek fisik. nanti kita dsuruh masukin berkas + blanko ke loket I (penyerahan ) dari situ dikasi no antrian. nanti dpanggil diloket II (pengambilan berkas). setelah menunggu beberapa menit, saat dipanggil jangan lupa no antrian nya disimpan di dus no antrian di loket II. terus ambil berkas nya.


dari loket II kita di arahin masuk ke gedung utama. di pintu ada teteh" yang jaga. bilang aja tujuannya apa, nanti dikasi no antrian sesuai loket tujuan



masukkan berkas ke loket tujuan (mutasi masuk), kalm nanti berkas nya di ambil oleh petugas yang di dalam loket (ada 2 orang). trus buat apa dong "no antrian" tadi.. kayaknya tag ini ga berlaku sebagai no antrian, cuman tag aka pengenal aja hehe btw, nanti kalau sudah selesai biasanya diminta tag nya. di loket ini dipanggil sesuai nama di berkas kemudian dikasi map isi resi dll, resi nya bisa juga dipakai kalo lagi ada rajia surat motor. dan disuruh balik lagi seminggu untuk dapet surat rekomendasi.

setelah 1 minggu
bawa berkas langsung ke gedung utama samsat kircon. minta tag mutasi masuk di meja pas pintu masuk. seperti biasa langsung masukkan berkas ke loket terus nunggu dpanggil. selang 1 menit terlihat berkas diperiksa sama petugas nya, terus dipanggil.. dan ternyataaaa itu berkas katanya kurang cap kepala dari kota asal (cimahi) *cry* pastikan untuk cek ulang cap kertas-kertas yang di dalam berkas dari kota asal, akhirnya hari itu balik lagi ke samsat cimahi cuman buat minta cap doang. pas balik lagi ke samsat kircon jam 11.30 loket nya udah tutup (istirahat) T.T


setelah 1 minggu+ 1 hari
bawa berkas langsung ke gedung utama samsat kircon. minta tag mutasi masuk. seperti biasa langsung masukkan berkas ke loket terus nunggu dpanggil. di cek ulang oleh petugas nya lalu dikasi surat rekomendasi (warna hijau). dari loket ini kita disuruh ke loket formulir. aq serahin berkas ke loket formulir tapi sama petugas nya disuruh ke loket mutasi masuk -__- minta surat rekomendasi (waktu itu aq belum tau klo yg surat ijo namanya surat rekomendasi)  aq bilang aq baru dari sana kan disuruh kesini pak (tired tp blm max) trus petugasnya cek lagi berkas. oia ini udah ada surat nya (bapak please T.T) dari situ dikasi formulir yang harus di isi. sebelumnya ditandai dulu oleh petugasnya.




di samsat kircon ini ada meja khusus di bagian tengah. balpoint aka pulpen harus bawa sendiri karna di meja ga ada. setelah di isi langsung ke fotocopy. di samsat kircon ini ada 2 tempat fotokopi. 1 dekat dgn pagar keluar, 1 lagi di dekat kantin masjid. karna yang dekat pagar tutup akhirnya ke fc yang dekat kantin. antrian kurleb 10 orang di depan, di belakang udah males ngitung. untuk fotocopy nya habis 8k. dari fotokopi masuk ke loket bbn ii rubentina. nanti dpanggil untuk konfirmasi perubahan bpkb. kalau oke sama petugasnya dicap-in? terdengar lagi cap wkwk

dari loket ini kita disuruh keloket pendaftaran bbn ii & rubentina/ duplikat. tapi sama petugasnya di alihin ke loket progresif. katanya untuk tanda bukti kepemilikan (bpkb?).. dan antri lagi di loket progresif. untuk berkas tidak dikasi no antrian. nanti nya dipanggil nama sesuai berkas. untuk pajak baru pakai no antrian.


dari loket progresif ambil berkas masuk lagi ke loket pendaftaran bbn ii & rubentina/ duplikat. dari situ disuruh nunggu dipanggil lagi. setelah dipanggil dikasi no antrian untuk ke kasir bbn ii rubentina (ada di ujung). dapet antrian D18. cus ke loket kasir BBN II, RUBENTINA



duduk nunggu di sebelah ada ibu-ibu no antrian D19, dan bapak-bapak di kanan antrian D20. antrian di sini asli lamaaaaaaaaaaaaaaa banget. kurleb 22 menit. no antrian yang dipegang entah berlaku / engga. soalnya dipanggil nama. setelah manggil nama q bukan ibu D19 yang dipanggil tapi nama yang lain sampe akhirnya itu loket tutup **freezee** kita bertiga cengo ngeliat loket nya tutup, kebayang ga udah antri lama banget trs tutup T.T btw, dari loket ini bayar 375k+2k terus disuruh nunggu lagi nanti dipanggil di loket sebelah (loket penyerahan STNK, SKPD BBN II, RUBENTINA dan duplikat, TNKB).




sementara loket kasir udah tutup (padahal yang jaga ce) loket yang di sebelah nya masih buka (bapak-bapak berdua)..  menunggu dipanggil disini (90% loket dah pada tutup, karna hari itu hari jumat jam istirahat jam 11. dari loket ini dikasi kertas STNK 3lbr + plat no baru (ternyata no plat nya ganti T.T). dari loket ini seharusnya kita ke loket bbn ii rubentina buat nyerahin stnk biru. tapi karna dah tutup jadinya harus nunggu sampai jam 1.

antrian ambil tag/ no antrian setelah jam istirahat

setelah jam 1.. selang 10 menit baru buka lagi loket nya. udah banyak banget orang di dalem. tapi meja tag juga ga ada orang. untuk proses yang masih lama baiknya ambil tag dulu di meja luar. setelah loket nya buka, langsung kasiin aj stnk biru nya. nanti dbuatkan surat untuk pengambilan bpkb baru (1 minggu) 





ada beberapa fasilitas di dalam samsat ini lo :
ada ruang baca (tapi buku + majalah nya hmmmm...)
ada box untuk charge hp (kunci nya entah dimana, mungkin harus tanya satpam dulu?)
toilet ada di luar gedung
masjid + kantin

jam pelayanan samsat bandung timur

tarif layanan samsat bandung timur (full size https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1YfCTjsIHCqrNjovmYGeW-rkXCKafplxO1l5WdxyK3959EHg0uw3wAUHQLlJkzjRi8g3Te9Kkwb-MSKmLsBEQzf2AK3WuoHHX9-RGb37fLj2Bq6DKdeh6iQpLIneiHprLnobzMso15_So/s1600/IMG_20180126_113742.jpg)

















About ummi hasya

ummi hasya
Recommended Posts × +

0 comments:

Post a Comment